Kompetensi Keahlian

Akomodasi Perhotelan

TUJUAN

Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai calon tenaga kerja yang unggul dalam bidang Jasa Akomodasi Perhotelan  dan memiliki daya saing di era global sehingga mampu terserap di dunia kerja dan membantu program pemerintah untuk mengurangi pengangguran serta mampu bersaing dalam mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti:

1.     Associate Degree ( Diploma)

2.     Bachelor Degree (Sarjana/S1)



KOMPETENSI / PROSPEK LULUSAN

Membantu siswa untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan perhotelan, khususnya bidang Front Office dan Housekeeping. Lulusan diharapkan dapat berkerja di hotel, kapal pesiar, restaurant, laundry dan industri sejenisnya, serta berwirausaha di bidang tersebut.

Lulusan jurusan perhotelan dipersiapkan untuk menjadi tenaga perhotelan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan bidang perhotelan dalam semua departemen hotel dengan ditunjang oleh sikap dan kepribadian sebagai seorang pelaksana hotel yang professional.

Sehingga para lulusan dari jurusan Akomodasi Perhotelan akan dapat bekerja dengan terampil sesuai dengan ilmu yang diberikan di bangku sekolah dan di dunia industri ketika melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).

 

KOMPETENSI YANG DIDAPATKAN OLEH JURUSAN AKOMODASI PERHOTELAN SMKN 73 JAKARTA

FRONT OFFICE

Front Office merupakan departemen yang ada pada suatu hotel yen bertugas untuk menangani reservasi/ pemesanan kamar, menangani kedatangan (check in) dan keberangkatan tamu (check out), memberikan informasi kepada tamu dan menangani barang bawaan tamu ketika akan check in, saat berada di hotel dan saatk check out.

Kompetensi yang didapatkan siswa dari Mata Pelajaran Front Office di SMKN 73 JAKARTA adalah:

1.     Menangani proses reservasi (pemesanan kamar) baik melalui Telepon, Walk In, Facsimile, Travel Agent, & Email.

2.     Menangani tamu yang check in dan check out serta menangani barang bawaan tamu

3.     Telepon Operator yang didalamnya terdapat aturan dalam bertelepon (Telephone Courtesy)

4.     Surat menyurat meliputi Confirmation Letter, Agreement Letter, Cancelation Letter & Etc

Dalam Mata pelajaran Front Office terdapat 5 unsur pokok keahlian yaitu:

·         Reservasi

·         Reception

·         Telephone Operator

·         Porter/ Uniform Service

·         Klerikal/Surat Menyurat



HOUSEKEEPING

Housekeeping merupakan salah satu departemen yang ada di hotel yang bertugas menangani kebersihan kamar hotel, publc area dan area sekitar hotel termasuk taman yang ada di hotel. Kompetensi yang akan didapatkan siswa dari Mata pelajaran Housekeeping di SMKN 73 JAKARTA adalah:

1.     Membersihkan kamar hotel yang termasuk di dalamnya making bed, dan teknik membersihkan kamar dengan benar

2.     Laundry ( layanan mencuci pakaian tamu di hotel)

3.     Vallet Parking

4.     Public Area (membersihkan area publik yang ada di hotel seperti lobby, garden dan pool)

5.     Handling Bunquet



Dalam Mata Pelajaran Housekeeping terdapat 5 unsur pokok:

·         Membersihkan lokasi area dan peralatan

·         Menyiapkan kamar untuk tamu

·         Laundry

·         Vallet parking

·         Handling Bunquet



 

 

Tata Boga

TUJUAN

Kompetensi keahlian Jasa Boga,merupakan salah satu kompetensi yang bergerak untuk pelayanan makanan dan minuman,dimana kompetensi ini berawal dari proses Tata Boga guna mempersiapkan makanan hingga mengemas makanan,kemudian dilanjutkan ke tahap jasa boga sebagai layanan penjualan produk makanan dan minuman, keahlian ini selain menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai calon tenaga kerja yang unggul dalam bidang Jasa Boga  juga memiliki daya saing di era global sehingga mampu terserap di dunia kerja dan membantu program pemerintah untuk mengurangi pengangguran serta dapat bersaing dalam mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti:

1. Associate Degree ( Diploma)

2. Bachelor Degree (Sarjana/S1)


KOMPETENSI / PROSPEK LULUSAN

Membantu siswa untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan pengolahan makanan dan minuman, khususnya bidang Food Production  dan Food and Baverage service. Lulusan dengan kompetensi keahlian Jasa Boga selain bisa bekerja di dunia Pariwisata juga bisa menjadi seorang Enterpreneurship dengan memproduksi makanan sendiri baik untuk industri rumah tangga maupun industri makanan yang lebih besar yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dibidang jasa boga, dengan ditunjang oleh sikap dan kepribadian sebagai seorang pelaksana hotel dan industri yang professional.

Sehingga para lulusan dari jurusan Jasa Boga akan dapat bekerja dengan terampil sesuai dengan ilmu yang didapatkan di bangku sekolah dan di dunia industri ketika mereka melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).

 

KOMPETENSI YANG DIDAPATKAN OLEH JURUSAN JASA BOGA SMK N 73 JAKARTA

Food Production

Food Froduction  merupakan departemen yang ada pada suatu hotel atau restauran yang bertugas mempersiapkan,mengolah dan mengkemas makanan dan minuman yang bisa dikomersialkan. Kompetensi yang didapatkan siswa dari Mata Pelajaran Food Production di SMKN 73 JAKARTA adalah:

1. Food Planing yaitu suatu mata pelajaran yang memiliki kompetensi dasar di bidang peralatan dapur,pengetahuan bahan makanan ,metode memasak serta kandungan gizi yang terdapat pada bahan makanan dan pengetahuan menu

 2. Continental Food yaitu suatu mata pelajaran yang berisi kompetensi pengolahan makanan asia dan eropa mulai dari Appetizer,soup, main course dan dessert.

 3. Pengolahan makanan Indonesia yaitu suatu mata pelajaran yang berisi kompetensi mengolah makanan Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia

4. Mengolah makanan kesempatan khusus yaitu suatu mata pelajaran yang berisi kompetensi menyiapan makanan dan minuman dalam berbagai kesempatanatau acara khusus dengan tema tertentu dan juga menghias kue ( Cake Decoration) Pengetahuan minuman Alkohol dan Non alkohol serta pelayanan minuman di Bar

 5. Pengelolaan Usaha Jasa Boga yaitu suatu mata pelajaran yang berisi kompetensi tentang cara mengelola usaha mulai dari perencanaan alat dan bahan,pengolahan makanan dan minuman,menghitung laba,pengkemasan sampai pemasaran produk dengan tujuan untuk mempersiapkan siswa berwirausaha

Food and Baverages Service

Food and baverages service merupakan salah satu mata pelajaran yang berisi kompetensi dasar tentang penataan dan pelayanan makanan dan minuman mulai dari Restaurant equipment, macam-macam Table set up,macam-macam type pelayanan makanaan dan minuman serta pramusaji

Usaha Perjalanan Wisata

TUJUAN

Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai calon tenaga kerja yang unggul dalam bidang Jasa Akomodasi Perhotelan  dan memiliki daya saing di era global sehingga mampu terserap di dunia kerja dan membantu program pemerintah untuk mengurangi pengangguran serta mampu bersaing dalam mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti:

1.     Associate Degree ( Diploma)

2.     Bachelor Degree (Sarjana/S1)

 

KOMPETENSI YANG DIDAPATKAN OLEH JURUSAN USAHA PERJALANAN WISATA SMK N 73 JAKARTA

Melaksanakan pekerjaan di lingkup penguasaan proses dan penerbitan tiket perjalanan domestik dan internasional.

Melaksanakan perencaaan perjalanan dan progarm wisata, serta kemampuan pemanduan wisata

Kompetensi yang didapatkan siswa dari Mata Pelajaran Kepariwisataan di SMKN 73 JAKARTA adalah:

1.  Menerima dan memproses reservasi sesuai permintaan pelanggan

2.  Menghitung harga tiket penerbangan domestik dan internasional sesuai ketentuan IATA

3.  Menerbitkan tiket penerbangan domestik dan internasional secara manual maupun komputerisasi sesuai ketentuan IATA

4.  Mengurus dokumen perjalanan lain, seperti : visa, pasport, pta dan lain-lain

5.  Melaksanakan tugas sebagai pemandu wisata pada perjalanan wisata

6.  Melaksanakan tugas sebagai pemandu wisata di obyek/atraksi wisata

7.  Melaksanakan layanan transfer in dan out

8.  Menghitung harga paket perjalanan wisata

9.  Menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata

10.Menjual produk pariwisata


Usaha Perjalanan Wisata adalah kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang pengelolaan perjalanan wisata, pemandu wisata, maupun layanan kehumasan. Kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata  menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan lingkup tiketing, tour planning, tour guiding dan tour leader serta MICE.